Menjadi Kampus/Perguruan Tinggi yang siap dalam era digital mulai dari digitalisasi pembayaran, data, pendaftaran mahasiswa baru hingga pembelajaran jarak jauh. Pengelolaan data dan keuangan menjadi lebih akuntabel sehingga mampu meningkatkan standar pendidikan dan akreditasi perguruan tinggi. Universitas Islam Rden Rahmat (UNIRA) Malang sebagai perguruan tinggi terus berkembang untuk menuju kampus digital. Salah satu langkah yang dilakukan dengan pengembangan jurusan berbasis IT, salah satunya Jurusan Sistem Informasi. Sistem Informasi adalah program studi (prodi) yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis serta manajemen. Sebagian dari kamu mungkin masih bingung apa saja yang dipelajari dalam prodi ini dan prospek kerja prodi Sistem Informasi. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, yuk, simak di sini!

Apa Itu Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI)?

        Program Studi Sistem Informasi ini merupakan sebuah bidang studi yang menggabungkan ilmu komputer dengan ilmu lain, seperti ekonomi, manajemen, dan bisnis. Melalui program studi ini, mahasiswa akan belajar lebih mendalam tentang cara melakukan identifikasi serta proses sebuah bisnis di perusahaan, mulai dari data-data atau profil bisnis hingga perancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

        Oleh karena itu, mahasiswa Prodi Sistem Informasi tidak hanya berkutat pada ilmu komputer, seperti software maupun hardware, namun mahasiswa juga dituntut untuk mampu mempelajari sebuah proses bisnis perusahaan.

Program Studi Sarjana Sistem Informasi di UNIRA MALANG

        Program Studi Sarjana Sistem Informasi di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK) Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Program ini memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA atau sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang sistem informasi pada tingkat sarjana. Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga yang terampil dan profesional di bidang sistem informasi/teknologi informasi. Program Studi Sarjana Sistem Informasi Saintek UNIRA MALANG telah diakui kemampuan dan kualitasnya dalam memberikan pendidikan pada jenjang sarjana di bidang sistem informasi. Lulusannya diterima di kalangan bisnis dan industri sebagai tenaga di bidang Sistem Informasi / Teknologi Informasi yang berkualitas tinggi.

       Program Studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Terkait hal tersebut, kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat unik karena menekankan keseimbangan antara kemampuan manajemen dan bisnis serta rekayasa informasi dan teknologi informasi. Selama perkuliahan, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi di bidang tersebut agar mereka mampu memberikan solusi yang optimal terkait dengan Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang dibutuhkan oleh organisasi. Kuliah-kuliah dasar membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk merancang dan menulis program, terutama diarahkan untuk pengembangan Sistem Informasi dalam skala besar. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari komponen-komponen dari Sistem Informasi / Teknologi Informasi, mulai dari sistem operasi, jaringan komputer, basis data, maupun aplikasi. Untuk mengasah pemahaman di bidang bisnis dan manajemen, mahasiswa mempelajari konsep-konsep manajemen serta berbagai proses bisnis penunjang kegiatan organisasi dan dukungan yang bisa diberikan oleh Teknologi Informasi.

Apa yang Dipelajari dalam Prodi SI?

       Ada beragam ilmu yang bisa diperoleh dengan masuk ke dalam Prodi SI, yaitu ilmu mengelola software dan hardware, perancangan sistem, dan ilmu manajemen serta bisnis. Dalam Prodi Sistem Informatika, mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan, memanfaatkan, serta mengelola software maupun hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Hal ini menjadi aspek penting ketika perancangan sistem informasi dan pengelolaannya di lapangan kerja. 

        Mahasiswa Prodi SI juga diarahkan untuk belajar merancang sebuah sistem yang sesuai dengan tujuan organisasi atau kebutuhan perusahaan sehingga sistem tersebut bermanfaat dan mendukung kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan atau organisasi. Selain itu, dalam program studi ini mahasiswa juga diarahkan untuk mempelajari ilmu manajemen dan bisnis yang akan menjadi bekal bagi mahasiswa ketika bekerja di sebuah perusahaan.

       Dengan memasuki Prodi Sistem Informasi, kamu bisa memperoleh dan menambah keahlian baru. Kamu akan mampu melakukan proyeksi atau rekayasa sistem jaringan melalui komputer. Mampu problem solving dan berpikir sistematis. Selain itu, kamu akan mampu menganalisis sebuah tujuan atau kebutuhan berdasarkan identifikasi profil serta tinjauan sederhana terhadap perusahaan. Tak hanya itu, keahlian kamu di bidang manajerial data juga akan bertambah. Nantinya, kamu akan mampu mengelola data dari sebuah perusahaan yang akan dijadikan sumber perancangan sistem informasi bagi perusahaan.

Apa Saja Prospek Kerja Prodi SI?

       Dengan beragam keahlian yang dipelajari ketika masa perkuliahan, nantinya kamu dapat mempraktikkannya langsung di dunia kerja. Ada banyak prospek kerja yang bisa kamu tempati setelah lulus dari Prodi Sistem Informasi. Apa saja prospek kerja tersebut? Simak di sini!

Web developer

        Sebagai Web Developer, Anda akan bertanggung jawab dalam: Merancang, mendesain, mengembangkan dan memodifikasi situs web. Menganalisa kebutuhan pengguna untuk penerapan konten, grafis, fitur kerja, dan kapasitas pada sebuah situs Web internet/intranet/extranet.

System Analyst

       System analyst merupakan profesi di bidang teknologi informasi yang fokus pada aktivitas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, juga pemilihan perangkat lunak dan sistem untuk mengakomodasi kebutuhan institusi. Bidang pekerjaan ini memiliki peranan kunci dalam upaya mengembangankan suatu sistem.

Programmer

       Programmer adalah penulis dan penguji kode yang digunakan untuk membuat program perangkat lunak. Mereka mengubah desain program yang dibuat oleh developer untuk menjadi instruksi yang dapat diikuti oleh komputer. Terkadang, mereka juga bekerja bersamaan dengan developer.

Software Enginner

       Seorang software engineer bertugas melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab suatu permasalahan. Profesi ini mirip dengan programmer juga system analyst.

Berikut Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Sistem Informasi yang ada di UNIRA MALANG :

Program Studi Sistem Informasi

Visi

Menjadi program studi unggul dan terkemuka dalam bidang Sistem Informasi di tingkat nasional dan internasional, serta berperan serta dalam pengembangan masyarakat ilmiah, yang beradab, dan berlandaskan agama yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam Ahlussunnah waljama’ah.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menguasai, menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi di bidang Sistem Informasi.

  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan Sistem Informasi.

  3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang Sistem Informasi kepada masyarakat/ lembaga/ industri/ pemerintah, baik melalui lulusannya, kemitraan, maupun melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

  4. Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang Sistem Informasi yang menjunjung tinggi tata nilai, etika, norma, budaya berdasarkan Pancasila melalui proses pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berkualitas.

Tujuan

       Menghasilkan lulusan bidang Sistem Informasi yang mempunyai kemampuan akademik, manajerial, berdaya saing tinggi, berjiwa kewirausahaan, mandiri, profesional serta mampu mengembangkan dan atau merancang ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan manfaat bagi masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup.

       Nah, itulah serba-serbi Prodi Sistem Informasi yang harus kamu ketahui. Kamu ingin mendalami Prodi Sistem Informasi lebih lanjut? Yuk, bergabung menjadi keluarga besar Unira Malang!

       Bagi calon mahasiswa baru yang tertarik dan berminat dalam menimba dan menguasai ilmu mengenai teknologi dan manajemen, segera daftarkan diri di Program Studi Sistem Informasi). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *