Kamis, 11 Januari 2024, Universitas Islam Raden Rahmat Malang gelar Seremonial Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Semester Ganjil 2023/2024. Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 WIB ini diselenggarakan di Halaman Belakang Unira Malang dan diikuti oleh 264 Mahasiswa Peserta KKNT. 

KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik ini adalah bentuk implementasi langsung dari mahasiswa menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya melalui belajar langsung kepada masyarakat dan Desa juga memberikan kontribusi melalui program kerja yang dijalankan oleh mahasiswa. Unira Malang mengadakan KKN Tematik dengan mengambil Tema yakni Desa Daulat Data, Desa Pasti Digdaya yang memiliki tema turunan yaitu Potensi Desa, Daulat Pangan, Ekosistem Bisnis, Demokrasi Partisipatif dan Peace Education.

Peserta KKN-T Unira Malang kali ini, terdiri dari mahasiswa semester 5 dari 3 Fakultas, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ilmu Keislaman yang menyebar ke 17 Desa di Kabupaten Malang. Adapun daftar 17 Desa tersebut diantaranya : 

  1. Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan
  2. Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari
  3. Desa Balesari Kecamatan Ngajum
  4. Desa Ngasem Kecamatan Ngajum
  5. Desa Putat Lor Kecamatan Gondanglegi
  6. Desa Madiredo Kecamatan Pujon
  7. Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan
  8. Desa Sanankerto Kecamatan Turen
  9. Desa Amadanom Kecamatan Dampit
  10. Desa Kepatihan Kecamatan Tirtoyudo
  11. Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo
  12. Desa Pandanmulyo Kecamatan Tajinan
  13. Desa Rejoyoso Kecamatan Bantur
  14. Desa Gampingan Kecamatan Pagak
  15. Desa Sempol Kecamatan Pagak
  16. Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran
  17. Desa Gondowangi Kecamatan Wagir 
Peserta KKN-T Mahasiswa Sistem Informasi

Kegiatan Seremonial ini dimulai dengan pembacaan Sholawat Busyro, Lagu Indonesia Raya, Syubbanul Wathon dan Mars Unira. Lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan dalam kegiatan ini disampaikan oleh Ketua LPPM Unira Malang, Muhammad Imron, M. AP. dan sambutan kedua sekaligus Pembukaan Kegiatan KKN-T ini disampaikan oleh Wakil Rektor I Unira Malang, Bapak Dr. Sutomo, S.Ag., M.Sos.

Dalam Sambutannya, Wakil Rektor I Unira Malang, Bapak Dr. Sutomo, S.Ag., M.Sos menyampaikan bahwa dengan adanya Kegiatan KKN-T ini, Unira dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan Indonesia melalui Desa. Karena, Jika Desanya Maju maka Negara juga ikut Maju.

Acara selanjutnya yaitu penyematan jaket kepada perwakilan 2 Mahasiswa Peserta KKN (Putra/Putri) dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Lalu dilanjut dengan pembacaan do’a,  foto bersama dan pelepasan Burung Merpati sebagai Simbol Pemberangkatan KKN-T Ganjil 2023/2024. 

Penulis : Sajidah Ulfa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *